Rabu, 02 Juli 2014

Menemukan Dia di Akhir Masa SMA

Masa SMA gue resmi habis. Gue sudah memasuki jaman dimana gue udah gak di sebut lagi anak sekolahan. Bukan lagi anak yang bisa ke mall membawa seragam putih abu-abunya setelah pulang sekolah, bukan lagi anak yang bisa memakai seragam batik sekolah di setiap minggunya, bukan lagi anak yang bisa berlari-lari di lapangan sekolah, bukan lagi anak yang bisa nge-bully temannya lagi di kelas karena tampangnya kek cetakan kue putu, bukan lagi anak yang bisa lagi ngeboncengin gebetan dengan seragam yang sama setiap pulang sekolah. Jujur, pengin banget rasanya balik ke masa itu. Masa yang dulunya ngeselin, sekarang malah ngangenin.


"Tuhan menyiapkan skenario untuk semesta dan kita tinggal memainkan peran masing-masing, tapi harus siap dengan improvisasi di tengah cerita juga," ucap seorang teman masa sekolah pada gue, ketika gue skeptis kalo masa SMA gue bakal berakhir dengan tanpa pasangan. Gue angguk-angguk.

Gue emang dulu orang yang gak peduli sama yang namanya pacaran, karena bareng temen ternyata juga udah bisa ngebuat hidup gue seneng, gue juga bukan orang yang takut sama kesunyian, sih. Jadi, hape gak bunyi seharian, bagi gue juga udah biasa. Saking, malesnya ngurusin yang namanya pacaran, orang kalo ada yang ngehubungi hape gue, kadang gak gue bales. Males. Dari cewek pun kadang gue abaikan.

Dulu, punya banyak temen cewek beda sekolah. Ada salah satu temen cewek gue yang selalu cerita sama gue tentang hidupnya. Karena udah kenal dari jaman facebook, yakalo dia cerita pasti gue bales. Tapi, lama-kelamaan dia nunjukin gelegat aneh. Dia selalu minta gue harus bales sms dia tepat waktu, yakali, gue juga punya kesibukan, terus gue sms aja “kalo mau curhat malem aja yah, aku lagi di luar nih,” gue tinggal hape gue, karena gue lagi futsal. Setelah futsal, gue buka hape, gue kaget, dia sms “Jef, kamu mau gak jadi pacarku? Mau yah, mau..” lah, kok jadi gini. Jujur gue gak ada feel apa-apa sama dia. Sms itu gak gue bales. Gue buka facebook dia ternyata juga ngirim permintaan relationship. Semenjak itu sms dia gak pernah gue bales, dia telfon gue diemin. Daripada gue maksain nge-iya-in, tapi malah ujungnya nyakitin karena dari awal gak suka, mending gue yang menghindar, walaupun temen.

Dari sana gue jadi tambah sadar, pacar mah gampang kayaknya buat dicari. Gue jujur juga sedikit kepengaruh sama kakak ponakan gue, yang selama masa SMA sama sekali gak pernah pacaran. Gue juga punya temen deket, yang selama SMA juga sama sekali gak pernah di panggil “sayang”, jadi gue ngerasa masih ada yang sama kayak gue, makanya gue kalem-kalem aja.


Tapi..

Waktu meng-aamiin-i apa yang temen gue bilang, “Tuhan menciptakan skenario untuk semesta,” di akhir masa SMA gue naksir cewek kelas sebelah. Dia anak IPA, sedangkan gue anak IPS. Skenario yang gak gue rencanakan sama sekali. Gue sebenernya gak ada sama sekali niatan buat pacaran satu sekolah, karena ya gue banyak tingkah di sekolahan, gue males aja jaga image gitu. Sebenernya gue mau masa bodo sama perasaan gue ini, tapi, semakin masa bodonya gue, perasaan gue semakin menggebu-gebu, kalo lagi ngeliat dia di sekolahan.




ini soal hati.

otak mana mau ngerti.



Akhirnya, gue mencoba.


Gue mulai nanya-nanya tentang dia ke temen-temen gue yang udah kenal dia. Gue awalnya gak mau nunjukin gelegat gue kalo suka dia. Dulu, gue suka di bully suka sesama jenis, karena dua tahun men-jomblo. Hiks. Jadi, pada percaya kalo gue hanya sekedar kepo. Sebelum me-mantap-kan perasaan gue ini, gue minta pendapat ke temen-temen deket gue, gue percaya sama mereka kalo mereka bakal gak comel.

“Nyet, cakep nggak?” Tanya gue, ke Noval, ngeliatin avatar Twitter Laras, cewek yang gue taksir. Di kedai kopi biasa kita bercerita.

“wah, udah gak homo lagi?” Tanya si kampret, sebelum menjawab pertanyaan gue lagi, “gimana har?” si Noval malah nanya ke Mahar, temen gue satu lagi, “lah, seleramu hlo..” jawab si Mahar, ngagetin gue, jawaban dari dia. Fyi, Mahar adalah temen gue yang gak pernah pacaran sama sekali di SMA. Pffft. Mereka ketawa, dan gue mengikutinnya. Sebenernya, gue kepikiran sama jawaban itu, tapi sok-sokan ketawa aja, biar dikira gue gak jadi suka gitu. Gue, jomblo yang penuh dengan ke-gengsi-an.

Temen deket gue, nganggep Laras, biasa aja.


Tapi, gue udah kadung naruh perasaan, dan cuma gue yang bisa ngerasain. Akhirnya, gue nanya ke temen satu bangku gue, Otong. Gue nanya ke dia, “Tong, cakep nggak?” dia melototin layar hape gue, “lumayan ok..” jawab Otong. Nah, jawaban Otong ngebikin gue rada semangat lagi.

Gelar, jomblo dua tahun, ngebikin diri gue, selektif buat milih cewek, gue gak mau asal milih cewek, kalo cuma asal-asalan, gue gak mungkin jomblo selama itu. Dari apa yang gue liat, semoga dia adalah orang yang benar.

Ternyata, gue salah cerita sama si Otong, dia comel ke temen-temen gue, kalo gue lagi naksir si Laras. Setiap Laras lewat kelas gue, atau pas ketemu dimana pun di sekolahan, jadinya gue di ciyeee-ciyeee-in. Waktu itu gue ngerasa malu karena jadi tau semua, tapi di sisi lain, tanpa gue jungkir balik, si Laras bisa tau kalo gue naksir dia. Tapi, ya gue belum ada usaha buat PDKT. Gue bingung. Dan kampretnya lagi, karena gue sering pinjem hape Otong buat Twitter-an dan lupa Log out, Otong mention si Laras pake akun gue, dan minta follback. Gue kaget, tiba-tiba ada Laras di mention gue. Aslinya, setelah di follback, gue biasa aja. Tapi, lagi-lagi Twitter gue dibajak temen gue, dan nge-RT tweet dia, mana sok care gitu. Laras lagi-lagi membalasnya. Disini gue baru mikir, bisa juga nih PDKT lewat Direct message. Gue akhirnya ngajak dia keluar berdua gitu. Akhirnya dia mau.

Pertemuan pertama kita, direncanakan buat ngunjungin pameran pendidikan di sebuah hotel di Semarang. Yaudah deh, gue nemenin dia kesana. Dia punya cita-cita sekolah di luar negri. Sedangkan cita-cita gue adalah bekerja untuk negri ini, di negri ini juga, gak usah ke luar. Jadi, intinya kita saling melengkapi. Mungkin, emang jodoh gitu. Ah.. namanya cinta, yang gak nyambung selalu disambung-sambungkan. 



Semenjak itu juga, gue sering pulang bareng sama dia setelah pulang sekolah. Kita jadi sering menghabiskan waktu bersama, sampai terkadang lupa waktu, malah. Entah menghabiskan waktu di toko buku, belajar bareng di cafe, muter-muter gak jelas di jalanan Semarang, atau bahkan mengunjungi tempat yang kebanyakan orang bilang tempat alay. Semenjak kenal dia juga, gue gak peduli dikatain alay. Bagi gue kebahagiaan adalah segalanya, mau dikatain alay, mau dikatain gak modal, gak masalah. Mereka yang bilang “alay” terkadang malah mereka yang menganggap kebahagiaan cuma bisa didapat dengan uang yang banyak, ditempat yang berkelas, ditempat yang mahal. Terkadang juga mereka memaksakan hal itu. Percayalah mereka yang kadang ngomong “alay” adalah mereka yang kadang pengin merasakan apa yang alay lakukan, tapi kemakan gengsi.



Foto ini diambil di sebuah pantai di Semarang, ketika kita lagi makan rujak ditemani matahari terbenam. Kebanyakan anak muda Semarang ngomongnya kalo pacaran disini, alay. Waktu itu gue masih PDKT kok, jadi nggak alay. Hehehe.

Senja itu kita tertawa berdua. Masih memakai seragam SMA. Berdua saja.


Menatap langit senja, walau sendirian, itulah indah. Menatap langit senja ditemani kamu, itulah sempurna.


Tanpa disadari waktu menuntun kita semakin dekat dengan Ujian Nasional. Intensitas pergi bareng sama dia bukannya berkurang, malah tambah semakin sering. Setiap pulang sekolah, ada aja cerita baru untuk hubungan ini. Kita menemukan banyak tempat-tempat baru, sampai kadang tempat yang belum ada namanya, kita namain sendiri. Ada satu tempat favorit kita, dipinggiran kota Semarang, dibangun jembatan baru, tempatnya enak, deket pantai, anginnya sepoi. Jembatan setengah jadi, gitu. Belum banyak orang yang tau, dan gue mau Check in di Path ternyata ini tempat belum ada namanya. Yaudah, akhirnya kita berdua berdebat untuk memberi nama jembatan ini. Aslinya mau diberi nama JERAS, yaitu singkatan Jefry Laras, tapi kok jelek. Terus, usulan nama kedua, JAPLI, ini juga singkatan dari Jefry Arditya Pamungkas sama Laras Intansari, tapi kok gak mecing gitu. Akhirnya, setelah berunding di atas motor, kita sepakat menamai jembatan ini, SARAL. Yaps, nama ini diambil dari kebalikan nama Laras. Di Saral masih sepi, kalo malem pake lampu kota warna kuning, bisa ngeliat pemandangan kota Semarang, terus bisa ngeliat juga pesawat lepas landas, karena deket bandara, dan gratis. Tempat yang nggak sengaja kita temuin, malah jadi tempat favorit. Tempat ini nenangin.



H-15 Ujian Nasional, gue ngajak dia pergi ke sebuah kedai kopi, di daerah atas kota Semarang. Waktu itu libur tanggal merah. Sekalian, maen terakhir sebelum ujian nasional.


“aku adalah kopi dan kau adalah gulanya, kau tau bagaimana rasanya hidupku tanpa kamu?”

Ini foto dia waktu kedinginan. Gue ambil tanpa tau orangnya. Waktu itu disana gerimis gitu, tapi gue paksain buat duduk di tempat yang outdor, karena waktu itu gue ada niatan buat nembak dia disana. Pas gue mulai mau ngomong serius, dia malah ngomong ngajak pulang, karena kedinginan. Gue mau tahan sebentar sebenernya, tapi gue gak tega, dia kedinginan banget. Waktu itu 15 celcius ditambah baju dia basah. Akhirnya pulang, gagal deh gue buat nembak.

Di perjalanan pulang, dia megang gue erat, karena kedinginan banget. Gue naik motor, jalanan penuh kabut, anginnya kenceng dan gerimis. Gue gak tega ngeliat dia kedinginan banget, spion motor gue selalu gue adepin ke wajah dia. Dia menggigil, gue pegang tangan dia, jaket dia basah banget. Alhasil, gue dobelin pake jaket gue. Waktu itu dingin menghangatkan gue.


Sampai bawah, di tempat yang udah rada gak dingin, dia udah baikan. Dia bisikin gue “Jefry.. aku sayang kamu,” gue yang waktu itu kaget, meminta dia untuk mengulang kata-katanya tadi, “apa Ras?”

Dia menjawab lagi, “aku sayang kamu..”

Gue tersenyum di dalam kaca helm gue. Gue jawab balik, sambil megang tangan dia, “aku juga sayang kamu, kok”. 


Di perjalanan pulang, kita ngobrol sambil ketawa-ketawa di atas motor, gak ada niatan gue buat nembak dia di atas motor. Tapi, di dalam obrolan sebelum sampai rumah dia, dia semacam ngasih kode “Eh, kita nggak pacaran ding..” karena gue cowok yang peka, akhirnya gue memberanikan diri buat nembak dia di atas motor, “Lha kamu mau nggak jadi pacarku?”

Dia sok-sokan gak denger, “hah, apa?”

Gue jawab dengan tenang, “iya, kamu mau nggak jadi pacar aku?”

Dia sedikit gelagapan, “aduh, tapi mau fokus UN dulu. Duh, gimana yaa..”

Terus gue pancing, dengan nada yang, semacam bilang “kalo gak mau sekarang yaudah..” gue jawab, “berarti, tanggal ini kita belum taken?”

Dia kembali menjawab dengan gelagapan, “Eh.. Eh.. udah,”

“Berarti kita udah resmi nih?” Tanya gue, sok ngepastiin.

“Iya udah,” jawab dia. Sembari gue ngajak dia janji pake jari kelingking.


Gue jadian tanggal 29 maret 2014.


Tanpa gue sangka, Tuhan menyiapkan skenario yang indah buat gue. Menutup masa yang indah, dengan orang yang indah.


Akhirnya, kita resmi lulus SMA.









Hari ini, tanggal 2 juli. Dia ulang tahun yang ke 18.


Happy birthday sayang.



Jangan jadi tua, dan menyebalkan. Tambah segalanya; tambah pinter, tambah cantik, tambah rajin sembahyang, tambah sayang sama yang nulis, tambah dewasa, yang gak boleh tambah pacar.. semoga yang disemogakan tercapai! Semoga bisa bareng sampai umur-umur berikutnya bahkan sampai tak berumur J

I love you, dear.


Thank you senior high school!



“Akhirnya mengakhiri salah satu masa yang paling indah dihidupku. Masa SMA. Masa yang ada ‘kamu’ nya.”

11 komentar:

  1. Keren, Bro, tulisannya! Gak beda jauh sama gue, "jomblo yang penuh dengan kegengsian". Hahahaa

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. keren tulisannya, seperti cerita di film2.
    Blogwalking :) baju eksklusif pamma --------------> pammadistro.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Sekarang ini gue lagi giatnya baca artikel lo, lumayanlah, bisa bikin gue nyengir nyengir sendiri, keren bro..

    BalasHapus
  5. Sekarang ini gue lagi giatnya baca artikel lo, lumayanlah, bisa bikin gue nyengir nyengir sendiri, keren bro..

    BalasHapus
  6. terima kasih artikelnya sangat bermanfaat salam dari KAMPUNG INGGRIS

    BalasHapus
  7. anjay lo keren bro dan kayak artis aja

    BalasHapus
  8. Selamat ulang tahun bro! Terus berkarya dan semoga semakin sukses

    BalasHapus
  9. http://bukujudi99.com/ >> panduan cara berjudi untuk membawa hoki dan keberuntungan

    http://fastbet99group.org/ >> agen judi terbesar di asia dan terpercaya memberikan anda pengalaman bermain yang fairplay !!! daftar sekarang di sini !! >> https://hokibet99.id/pendaftaran/

    BalasHapus
  10. I highly suggest you to delete my photo or anything that related with me. Including to delete my full name. Because its related with my job. Thank you a "wise man".

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...